Tag: Indonesia

4 Kuliner Tahu Indonesia, Cita Rasa Khas Menggugah Selera

Tahu adalah makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi. Tahu berasal dari Tiongkok, seperti halnya kecap, tauco, bakpau, dan bakso. Nama “tahu” merupakan serapan dari bahasa Hokkian, yang secara harfiah berarti “kedelai terfermentasi”.

Kamu harus tahu jika tahu tak hanya ada di Indonesia saja, sebenarnya makanan yang berwarna putih tersebut sudah ada di Tiongkok sejak 2200 tahun yang lalu. Di Jepang tahu umumnya dikenal dengan sebutan tofu. Ada beberapa varian tahu serta kuliner berbahan dasar tahu di Indonesia. Tentu saja masing-masing memiliki ciri khas masing-masing. Penasaran ada tahu apa saja di Indonesia? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Tahu Sumedang
Meski namanya adalah mengacu pada suatu daerah, tapi keberadaannya ada di banyak tempat. Ya, tahu Sumedang adalah makanan dari tahu dan khas daerah Sumedang. Sajiannya adalah berupa tahu yang digoreng, tapi sebelumnya telah diberi bumbu khusus sehingga menyajikan cita rasa yang mantap sekali.

tahu-sumendang

Umumnya berbentuk kotak persegi, jika kamu membeli dalam jumlah banyak, maka kamu bisa mendapatkan tahu dalam kemasan bongsang, yaitu sebuah wadah terbuat dari anyaman bambu. Resep tahu Sumedang sendiri konon diwariskan langsung oleh orang Tiongkok, yang pindah ke Indonesia.

2. Tahu Kuning Kediri
Jika tadi ada tahu Sumedang dengan rasa khas dan bila digoreng bisa berubah dari bentuk awalnya, kali ini ada tahu yang berasal dari Kediri. Disebut begitu karena sentra pembuatan tahu banyak ditemui di Kediri. Masyarakat setempat menyebut kuliner tersebut dengan nama tahu kuning atau tahu takwa. Warna kuning membedakan dengan tahu-tahu dari daerah lain. Warna tersebut didapat dari bumbu berupa kunyit.

tahu-kuning-kediri

Bentuknya sendiri dipotong-potong dalam ukuran kecil persegi agak pipih. Banyak yang bilang dan memang sudah terbukti jika tahu kuning memiliki kepadatan yang lebih baik dari tahu putih biasa. Ketika memotongnya tahu kuning tidak akan mudah hancur begitu saja. Setelah dimasak untuk berbagai olahan mulai dari gorengan hingga sayur, tahu kuning memiliki rasa gurih tanpa rasa asam.

3 Tahu Walik Banyuwangi
Kabupaten paling ujung di Indonesia yaitu Banyuwangi juga memiliki ciri khas baik soal rasa maupun cara pembuatan. Tahu yang telah dibuat, kemudian dimasak dengan beberapa cara. Ada yang digoreng maupun disajikan dalam bentuk basah. Tahu goreng bisanya disebut dengan tahu walik.

tahu-walik-bayuwangi

Kulit bagian luar terasa gurih dan renyah, sedangkan bagian dalam tahun sungguh terasa kenyal dan enak. Sedangkan untuk tahu walik basah, diberi isian seperi ayam, bakso, hingga ikan laut. Kamu bisa menyantap tahu walik khas Banyuwangi sebagai camilan yang dimakan dengan pelengkap seperti cabai dan sambal.

4. Tahu Gejrot
Tahu Gejrot juga banyak ditemui di berbagai daerah. Kamu bisa merasakan sensasi tahu dengan kuah berbumbu khusus yang mantap dan tentunya cocok buat kamu yang cinta dengan rasa pedas. Tahu gejrot berasal dari Cirebon, tahu yang telah digoreng, kemudian dipotong kecil-kecil, setelah itu diberi bumbu dari cabe, bawang putih, bawang merah, gula merah, dan kecap.

tahu-grejot

Saat ini masih banyak penjual tradisional yang menyuguhkan menu tersebut. Kamu akan menyantap tahu gejrot di sebuah piring terbuat dari tembikar. Sungguh sebuah pengalaman mencicipi kuliner yang unik dan khas.

Nah itulah beberapa olahan tahu yang nampak sedap – sedap, untuk urusan makanan Indonesia merupakan surganya kuliner.

Iklan

5 Kuliner Khas Kebumen Yang Lezat

Kuliner Kebumen memang dikenal dengan cita rasanya yang khas dan juga menggugah selera. Nyatanya, piknik ke Kebumen tak akan lengkap rasanya jika kamu tak mencicipi sekian kuliner di bawah ini.

1. Sate ambal
sate-ambal

Untuk kamu yang penggemar sate, sate ambal wajib banget masuk daftar kuliner kamu di Kebumen. Sekilas sih sate ini mirip dengan sate madura, tapi kalau di makan kamu akan merasakan cita rasa yang jauh berbeda. Sate ambal ini menggunakan sambal tempe sehingga mempunyai cita rasa yang unik dengan rasa pedas yang bercampur dengan jahe dan juga bumbu rempah lainnya. Sebelum dibakar, sate ambal diolah terlebih dahulu sehingga rasanya lembut dan gurih.

Disajikan terpisah dari bumbunya, kamu bisa menikmati sate ambal dengan ketupat, lontong ataupun nasi. Sate ambal ini berasal dari desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal, yang berada di pesisir selatan Kebumen. Jika kamu ingin mencicipinya, siapkan dana 10-15 ribu rupiah ya!

2. Nasi penggel

nasi-penggel

Nampak tak jauh berbeda dengan nasi sayur biasa, nasi penggel menjadi kuliner khas daerah Kebumen. Uniknya, nasi yang digunakan berbentuk bulat seperti bola pingpong. Nasi penggel biasa disajikan dengan sayur nangka dan lauk jeroan sapi, di atas pincuk daun pisang. Biasanya sih dalam satu pincuk diisi 7-8 bola-bola nasi.

Satu porsi nasi penggel biasa dihargai 8-10 ribu rupiah. Sayangnya, makanan yang pas banget buat sarapan ini sudah mulai langka. Tapi kamu bisa menemukannya di derah kota Kebumen saat pagi atau di daerah-daerah tertentu.

3. Yutuk goreng
yutuk-goreng-1024x767

Kamu yang berencana mengunjungi pantai Petanahan, jangan sampai melewatkan kuliner khas satu ini ya! Yutuk merupakan hewan laut bercangkang yang banyak ditemui di pantai Petanahan. Biasanya masyarakat sekitar mengolahnya menjadi bakwan atau rempeyek lezat dengan rasa yang hampir mirip seperti udang.

Bakwan atau rempeyek yutuk ini paling cocok dijadikan teman makan pecel. Tapi jika kamu ingin menjadikannya cemilan juga boleh. Yutuk ini bisa kamu dapatkan dengan harga mulai seribu rupiah.

4. Soto Tamanwinangun

soto-tamanwinangun

Di Indonesia, soto sudah seperti makanan wajib ada di setiap daerah. Begitu pula di Kebumen dengan soto khasnya yang terkenal lezat. Soto Tamanwinangun. Dinamakan demikian karena soto dan penjualnya berasal dari Tamanwinangun, Kebumen.

Jika biasanya kita mengenal soto ayam dan sapi, soto Tamanwinangun menjadikan daging entok dan itik serati sebagai campurannya. Kuah santan yang dipadu dengan kaldu entok juga begitu nikmat dimakan dengan potongan ketupat. Tak hanya kenyang, lezatnya soto ini tak akan mudah kamu lupakan.

5. Lanting atau klanthing

lanting

Jangan salah, Kebumen juga punya jajanan khas yang bernama lanting atau klanthing. Camilan berbentuk angka delapan ini terbuat dari singkong sebagai bahan dasarnya. Dulunya sih lanting ini hanya memiliki 2 rasa saja, tapi seiring berkembangnya jaman lanting kini memiliki banyak rasa seperti balado, keju, pedas manis dan rasa lainnya.

Lanting ini sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh karena bisa tahan lama walaupun tanpa bahan pengawet. Dijamin deh rasanya yang gurih lezat akan membuat kamu ketagihan dan tak bisa berhenti makan.

Itu dia 5 kuliner khas kebumen, lezat – lezat kan guys, smoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi anda ketika berada di kebumen.

5 Makanan Khas Kota Serang Yang Enak Banget

Makanan khas Kota Serang sangat beragam dan pastinya enak-enak banget, jika kamu tidak percaya kamu boleh deh mencobanya tentu dengan merogoh kocek sendiri. Mungkin yang kita kenal adalah Sate Bandeng yang rasanya pasti maknyos, namun tentunya tidak hanya itu saja. Dan inilah beberapa makanan khas Kota Serang yang pastinya enak:

1. Sate Bandeng

bandeng

Makanan khas Kota Serang no satu adalah Sate Bandeng, makanan ini sudah populer dinusantara sebagai makanan khas daerah Banten khususnya Kota Serang. Konon katanya makanan ini sudah ada sejak tahun 1500-an ketika masa Kerajaan Banten. Makanan ini begitu gurih dan nikmat terlebih bila disantap bersama keluarga.

2. Nasi Sumsum

nasi-sumsum

Kalau kamu ingin makan sedikit namun mengenyangkan bisa coba nasi sumsum, makanan ini terbuat dari campuran nasi dan juga sumsum tulang kerbau. Makanan ini memiliki cita rasa yang khas karena dicampur dengan bumbu yang khas dan diolah dengan cara dibakar. Yang pasti kamu harus mencobanya.

3. Pecak Bandeng

pecak

Kota Serang menang terkenal dengan makanan-makanan khas yang diolah dari Ikan Bandeng, selain Sate Bandeng yang memang sudah terkenal ada juga Pecak Bandeng. Makanan ini berupa Ikan Bandeng yang dibakar lalu dipecak dengan bumbu-bumbu yang pastinya maknyos banget. Jangan coba mencobanya diakhir pekan ya?

4. Rabeg

rabeg

Makanan khas Kota Serang lainnya yang wajib masuk dalam daftar ini adalah Rabeg Banten. Makanan ini terbuat dari daging dan jeroan kambing yang diolah dengan bumbu-bumbu yang khas sehingga menghasilkan rasa yang gurih, manis dan menyegarkan. Konon katanya ini merupakan makanan untuk Para Sultan Banten pada zamannya.

5. Nasi Uduk

uduk

Meskipun nasi uduk merupakan makanan yang umum dijumpai di Indonesia, namun Kota Serang memiliki nasi uduknya tersendiri yang tentunya berbeda dengan nasi uduk didareah lain misalnya dari segi rasa, olahan, packaging, dan lainnya. Menu nasi uduknya bisa berupa nasi uduk, tempe goreng, telur dadar, sayuran, dan yang lainnya.

Nah itulah tulisan singkat mengenai berbagai macam makanan khas Kota Serang Banten, semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat sebagai referensi makanan yang akan kamu cicipi ketika berkunjung ke Kota Serang Banten. Untuk yang merasa sebagai Warga Banten mari kita lestarikan kuliner khas Banten, daerah kita tercinta.

5 Makanan Khas Aceh Yang Sangat Terkenal

Pergi berwisata ke Aceh tak lengkap bila belum mencicipi kuliner dan makanan khas daerah Aceh. Berikut 5 makanan khas Aceh yang patut Anda cicipi.

1. Manisan pala
manisan-pala

Manisan pala merupakan salah satu jenis makanan khas aceh, dan juga merupakan makanan ringan yang tergolong dalam kelompok manisan buah-buahan. Usaha pembuatan manisan pala tidak memerlukan teknologi yang sulit dan pembuatannya cukup mudah, oleh karena itu usaha ini mudah dilakukan oleh para pengusaha baru.
Pembuatan manisan pala umumnya dilakukan oleh pengusaha kecil di daerah penghasil pala. Kabupaten Aceh Selatan adalah kabupaten penghasil komoditi pala terbesar di Aceh bahkan di Pulau Sumatera. Manisan buah pala ini termasuk industri rumah tangga yang banyak dijumpai di Kabupaten Aceh Selatan. Selain diolah menjadi manisan dan sirup, pala dapat dibuat juga menjadi minyak pala yang berkhasiat tinggi untuk mengobati luka. Bahkan kini kue dan kembang gula pun dapat dibuat dari buah pala.

2. Sanger

sanger

Sanger adalah sejenis minuman yang hanya ada di Aceh. Sanger atau juga sering di sebut kopi sanger ini secara umum mirip dengan capucino, tapi menurut saya jauh lebih nikmat kopi sanger ini. Selain itu jika kita melihat sekilas maka sanger ini akan sangatlah tampak seperti kopi susu biasa, tetapi jika kita menilik dari rasanya, kopi sanger ini memiliki rasa yang sangat khas dan berbeda dari rasa kopi lainnya.

3. Pisang Sale

pisang-sale
Pisang adalah tanaman hortikultura yang cukup penting untuk kesehatan. Pisang yang sudah matang dapat diolah berbagai macam makanan salah satunya adalah disale alias pisang sale, pisang sale sudah lama dikenal sebagai makanan tradisional daerah, salah satunya pisang sale khas Aceh banyak dikawasan Kabupaten Aceh Timur yang merupakan sentra pisang sale untuk daerah Aceh.

4. Kembang loyang

kembang-loyang

Kembang loyang ini terbuat dari tepung roti yang di campur dengan gula dan telur serta pati santan. Adonan ini diaduk hingga rata lalu cetakan kembang loyang dicelupkan ke dalam adonan kemudian digoreng ke dalam penggorengan.

5. Lepat

lepat

Lepat, makanan ini di buat dari tepung ketan yang diisi dengan gula merah hingga kalis, kemudian di bungkus dengan menggunakan daun pisang dan di bagian tengahnya di beri kelapa parut yang telah di gongseng dengan gula yang di namakan inti lalu di kukus hingga matang. Lepat khusus di sajikan pada hari-hari tertentu pada masyarakat Gayo terutama menjelang puasa (megang) dan lebaran, makanan ini tahan lama jika di asapi dapat bertahan sampai 2 minggu.

5 Makanan Khas Medan yang Rasanya Nendang

Indonesia terkenal dengan keanekaragaman suku dan budaya. Dan, disetiap daerah di Indonesia pasti memiliki kuliner khasnya masing-masing. Tidak terkecuali dengan Kota Medan, kota yang disebut-sebut surganya kuliner ini.

Walaupun medan itu letaknya ada di bagian utara Pulau Sumatera, kamu tetap harus cobain kuliner khas dari tempat tersebut. Karena, rugi banget deh kalau kamu belum pernah nyobain salah satu makanan yang ada di Medan.

Apa aja sih makanan khas Medan yang bisa kita coba atau mungkin dijadikan oleh-oleh untuk sanak keluarga di rumah? Lansung saja kita simak bersama, makanan khas Medan.

1. Bika Ambon

bika-ambon

Banyak orang mengira lho kalau bika ambon itu asalanya dari Ambon, Maluku. Padahal, makanan ini merupakan salah satu khas dari Kota Medan. Tapi kok namanya bika ambon ya? Balum tahu juga tuh kenapa kok namanya bisa bika Ambon.

Nah, bika ambon merupakan kue dengan warna kuning dan permukaannya terdapat lubang-lubang kecil. Kamu bisa merasakan kenikmatan bika ambon saat masih hangat.

Rasanya itu beda, ada hangat-hangatnya gitu, hehe. Tapi emang bener beda lho, ya walaupun makan bika ambon saat sudah dingin juga enak. Tapi, makan bika ambon hangat itu jauh lebih enak, cobain deh.

2. Durian Medan

durian

Kamu tentu tahu buah berduri yang satu ini, durian. Buah dengan aroma menyengat yang akan memberikan sensasi nikmat saat memakannya.

Buah ini sangat istimewa lho, bahkan harganya pun juga lebih mahal dari pada buah lainnya. Nah, kalau kamu berkunjung ke Medan, jangan lupa mencicipi buah durian yang ada di kota tersebut.

3. Bolu Meranti

bolu-meranti

Makanan khas lain yang bisa kamu coba ketika mengunjungi Kota Medan adalah bolu meranti.

“Halah, cuma bolu gitu, apa sih bedanya sama bolu lainnya?”

Eiiits, jangan salah sangka dulu ya, bolu meranti ini punya rasa yang khas. Walaupun bentuknya mirip sama kue lapis dari Surabaya, tapi rasa dari bolu meranti ini berbeda.

Bolu dari Medan ini mempunyai berbagai macam rasa yang bisa kamu coba. Ada rasa kacang, keju, nanas, stroberi, dan mocca. Bahkan, kalau kamu mau makan bolu yang gurih, ada juga tuh bolu rasa abon dan ayam.

Kalau kamu berkunjung ke Medan dan bingung mau bawa oleh-oleh apa, coba aja bawa bolu meranti. Banyak kok wisatawan yang menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh. Kamu bisa menemukan bolu ini di daerah Jalan Kruing Medan atau Jalan Sisingamangaraja.

4. Soto Medan

soto-medan

Hampir disetiap daerah di Indonesia memiliki soto khasnya masing-masing. Ada soto betawi, soto lamongan, soto kudus, dan soto-soto lainnya.

Nah, di Medan ternyata juga ada lho soto yang menjadi khas di kota tersebut, namanya soto medan. Walaupun sama-sama soto, tentu soto medan mempunyai cita rasa yang berbeda dengan soto lainnya.

5. Pancake Medan

pancake-durain

Walaupun pancake merupakan salah satu makanan dari luar negeri, tapi di Medan ini menjadi salah satu makanan favorit. Ada banyak rasa yang bisa kamu cobain, salah satunya adalah rasa durian. Hmm, kamu penasaran bagaimana rasa dari pancake durian? Buruan cari di kota kamu, siapa tau sudah ada yang menjualnya di sana.

10 Mi Instan Terlezat Dunia, 3 di Antaranya dari Indonesia

Mi instan menjadi makanan kegemaran banyak orang. Harganya yang murah dan aroma sedapnya yang khas membuat lidah kerap ketagihan.

Tak hanya di Indonesia, ada banyak merek mi instan lezat yang tersebar di banyak negara. Seperti dikutip dari laman Seriouseats, Jumat (20/1/2017), seorang Ramen Rater yang telah menjajal 670 mi instan dari seluruh dunia telah memilih 10 yang paling enak. Menakjubkan, ternyata tiga di antaranya berasal dari Indonesia.

Berikut 10 mi instan terenak di dunia versi Seriouseats.

mie-instan2

10. Koka, Spacy Black Pepper Flavor, Singapura
Koka merupakan mi instan yang rendak lemak, tapi tidak rendah dalam rasa. Memiliki rasa pedas yang enak, mi instan ini sangat cocok dikolaborasikan dengan telur rebus. Apalagi di dalamnya sudah dilengkapi dengan potongan sayuran.

9. Doll, Artificial Chicken Flavor, Hong Kong
Mi instan banyak yang membosankan, tapi tidak dengan mi instan yang satu ini. Kaldu yang lezat, membuat mi Doll sangat enak disantap di hari yang dingin. Tambahkan telur dan rebus selama 45 detik untuk mendapatkan kuah kaldu yang sempurna.

8. Sapporo Ichiban, Shio Ramen, Jepang
Sapporo Ichiban merupakan mi instan terbaru yang masuk dalam daftar 10 mi instan terlezat di dunia. Rasa Shio Ramen punya kuah kaldu yang autentik, termasuk penambahan biji wijen di dalamnya. Tambahan ayam panggang, daun bawang, dan telur rebus membuat sajian ini menjadi sangat sempurna.

7. Nong Shim Shin Ramyun, Black Premium Nodle Soup, Korea
Sempurna, itulah gambaran untuk mi instan yang satu ini. Bungkusnya yang menarik berisi blok mi instan yang besar, paket bumbu yang juga berisi sayuran dan potongan daging sapi beku. Bumbu pedasnya dilengkapi dengan bawang untuk menambah aroma lezat. Untuk sajian yang istimewa, tambahkan telur dan irisan keju.

6. Myojo Hyoubanya No Chukasoba, Oriental Flavour, Jepang
Ini merupakan representasi dari cita rasa Jepang dalam sebungkus mi instan. Mi yang sedikit kenyal dan kuah kaldu yang identik dengan citarasa makanan laut, membuat rasa mi instan ini sangat lezat di lidah. Masukan telur dan ayam panggan untuk mendapatkan citarasa mi instan yang lezat.

5. Mi Sedaap, Kari Kental, Indonesia
Anda pencinta rasa pedas kari, bisa mencoba mi instan terenak urutan ke-5 dari Indonesia ini. Meski sedikit berminyak, kaldu kental sangat terasa lezat jika ditambah dengan potongan telur goreng.

4. Sapporo Ichiban, Mie Chow Mein, Jepang
Perpaduan antara rasa manis asin yang sempurna. Paket bumbu yang berisi rumput laut menjadikan mi instan ini punya keunikan tersendiri. Rasa daging sapi panggang sangat terasa di mulut, apalagi dengan tambahan irisan daun bawang.

3. Nissin Yakisoba, Mustard Packet, Jepang
Yakisoba merupakan sajian yang sangat umum dinikmati di Jepang. Sajian mi goreng nikmat ini akan sangat lezat dengan tambahan mayones. Tambahkan sayuran jika berselera. Namun akan lebih nikmat jika disajikan dalam bentuk apa adanya.

2. Indomie, Rasa Ayam Panggang, Indonesia
Paketnya yang jumbo, mi instan ini memang diperuntukkan bagi mereka penggila mi instan. Dilengkapi dengan lima bumbu terpisah, termasuk kecap dan saus pedas, mi ini akan sangat lezat disajikan dalam keadaan kering tanpa kaldu. Untuk hasil yang lebih sempurna, tambahkan telur goreng, acar, dan taburkan bawang goreng.

1. Indomie, Mi Goreng Kari, Indonesia
Ini adalah mi instan terlezat di dunia. Mi yang kenyal ditambah dengan bumbu sempurna yang mewakili rasa pedas dan manis menjadikan perpaduan rasa yang lezat dalam sebungkus mi instan.