5 Makanan Khas Medan yang Rasanya Nendang

Indonesia terkenal dengan keanekaragaman suku dan budaya. Dan, disetiap daerah di Indonesia pasti memiliki kuliner khasnya masing-masing. Tidak terkecuali dengan Kota Medan, kota yang disebut-sebut surganya kuliner ini.

Walaupun medan itu letaknya ada di bagian utara Pulau Sumatera, kamu tetap harus cobain kuliner khas dari tempat tersebut. Karena, rugi banget deh kalau kamu belum pernah nyobain salah satu makanan yang ada di Medan.

Apa aja sih makanan khas Medan yang bisa kita coba atau mungkin dijadikan oleh-oleh untuk sanak keluarga di rumah? Lansung saja kita simak bersama, makanan khas Medan.

1. Bika Ambon

bika-ambon

Banyak orang mengira lho kalau bika ambon itu asalanya dari Ambon, Maluku. Padahal, makanan ini merupakan salah satu khas dari Kota Medan. Tapi kok namanya bika ambon ya? Balum tahu juga tuh kenapa kok namanya bisa bika Ambon.

Nah, bika ambon merupakan kue dengan warna kuning dan permukaannya terdapat lubang-lubang kecil. Kamu bisa merasakan kenikmatan bika ambon saat masih hangat.

Rasanya itu beda, ada hangat-hangatnya gitu, hehe. Tapi emang bener beda lho, ya walaupun makan bika ambon saat sudah dingin juga enak. Tapi, makan bika ambon hangat itu jauh lebih enak, cobain deh.

2. Durian Medan

durian

Kamu tentu tahu buah berduri yang satu ini, durian. Buah dengan aroma menyengat yang akan memberikan sensasi nikmat saat memakannya.

Buah ini sangat istimewa lho, bahkan harganya pun juga lebih mahal dari pada buah lainnya. Nah, kalau kamu berkunjung ke Medan, jangan lupa mencicipi buah durian yang ada di kota tersebut.

3. Bolu Meranti

bolu-meranti

Makanan khas lain yang bisa kamu coba ketika mengunjungi Kota Medan adalah bolu meranti.

“Halah, cuma bolu gitu, apa sih bedanya sama bolu lainnya?”

Eiiits, jangan salah sangka dulu ya, bolu meranti ini punya rasa yang khas. Walaupun bentuknya mirip sama kue lapis dari Surabaya, tapi rasa dari bolu meranti ini berbeda.

Bolu dari Medan ini mempunyai berbagai macam rasa yang bisa kamu coba. Ada rasa kacang, keju, nanas, stroberi, dan mocca. Bahkan, kalau kamu mau makan bolu yang gurih, ada juga tuh bolu rasa abon dan ayam.

Kalau kamu berkunjung ke Medan dan bingung mau bawa oleh-oleh apa, coba aja bawa bolu meranti. Banyak kok wisatawan yang menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh. Kamu bisa menemukan bolu ini di daerah Jalan Kruing Medan atau Jalan Sisingamangaraja.

4. Soto Medan

soto-medan

Hampir disetiap daerah di Indonesia memiliki soto khasnya masing-masing. Ada soto betawi, soto lamongan, soto kudus, dan soto-soto lainnya.

Nah, di Medan ternyata juga ada lho soto yang menjadi khas di kota tersebut, namanya soto medan. Walaupun sama-sama soto, tentu soto medan mempunyai cita rasa yang berbeda dengan soto lainnya.

5. Pancake Medan

pancake-durain

Walaupun pancake merupakan salah satu makanan dari luar negeri, tapi di Medan ini menjadi salah satu makanan favorit. Ada banyak rasa yang bisa kamu cobain, salah satunya adalah rasa durian. Hmm, kamu penasaran bagaimana rasa dari pancake durian? Buruan cari di kota kamu, siapa tau sudah ada yang menjualnya di sana.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s